SERING LEMAS SAAT BERPUASA? IKUTI 4 TIPS INI!

By Helga Mayrizka Lestari - May 04, 2019

Hai semuaaaa, kurang lebih 2 hari lagi kita akan segera menyambut Bulan suci Ramadan. Excited nggak? Bangeeeet sih kalo aku. Pastinya banyak banget moment dan hal-hal yang dirindukan di Bulan Ramadan itu, selain dilipat gandakan amal ibadah kita, juga aku paling happy kalo ngabuburit hihi. Nah, udah punya persiapan aja nih untuk menyambut bulan Ramadan? Pastinya selain memfokuskan diri dalam ibadah juga mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat. Bayangkan guys, kita berpuasa selama kurang lebih 12 jam kalau nggak di persiapkan dengan baik, tubuh kita pasti kaget.
Minggu kemarin aku hadir dalam acara “Beauty Talk” bersama Pocari Sweat. Acara tersebut di isi oleh  nutrisionist yaitu Dokter Rahma. Beliau memberikan tips agar tetap fit dan pola makan selama menjalani puasa. Penasaran nggak? Let’s go to the list!
1. Nutrisi yang Cukup
source: google
Hal ini yang paling sering terlupakan, termasuk sama aku. Mentang-mentang udah puasa seharian, eh begitu bedug maghrib langsung balas dendam segala di makan melupakan nutrisi. “Terus nutrisi itu apa aja sih?” baik saat berbuka puasa atau pun makan sahur, nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, lemak dan jumlah air yang dikonsumsi juga harus sesuai ya.

Cobain deh ganti karbohidrat kamu dengan karbohidrat yang lebih kompleks, seperti nasi merah, kentang, umbi-umbian, dll. "Kenapa harus dengan karbohidrat kompleks?". Secara harafiah, kompleks disini artinya lama terurai dan di proses oleh tubuh kita. Intinya, dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks ini bisa lebih lama menahan rasa lapar. Dan jangan lupa di seimbangi dengan protein dan serat ya.
2. Pola Makan
source: google
Hal ini yang bisa membuat kesehatan terganggu hahaha... karena mindset kita pada saat melihat makanan adalah “ini yang bakalan bikin kenyang” bukan “ini yang aku butuhkan”. Dan terlebih lagi pada saat buka puasa, hal pertama yang di makan adalah makanan imajinasi di siang hari tadi, hayooo ngaku? Nah, nggak gitu ya beb.. Pastikan saat berbuka, minum air putih dulu. Air putih akan cepat diserap pada saat kondisi tubuh dan perut yang kosong. Kurang dari 5 menit, air langsung terserap. So, jangan brutal pada saat buka puasa ya!
3. Olahraga
source: google
Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga ya, guys! Pasti banyak yang beranggapan “kan lemes” , “kalo olahraga nanti laper” dan banyaak banget ya alasan mah. Eh jangan salah, olahraga saat berpuasa itu bagus loh, asal nggak berlebihan. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga adalah jam 5 sore. Sambil ngabuburit ya kaaaan hehe
4. Menjaga Asupan Tubuh
Pernah nggak waktu puasa itu bawaannya, dehidrasi, lemes, pusing, ngantuk dan berkurangnya konsentrasi? Itu adalah penyebab karena kekurangan asupan yang baik ke dalam tubuh. Faktor-faktor tersebut dapat dihindari dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung ION, seperti Pocari Sweat.
Pocari Sweat merupakan minuman isotonik yang mengandung ION, dimana ION ini dapat mengikat cairan ditubuh lebih lama untuk mencegah dehidrasi. Pocari Sweat ini dirancang semirip mungkin dengan cairan yang ada di tubuh kita. Pocari Sweat juga bisa banget jadi minuman pendamping selama berpuasa untuk mencegah dehidrasi, kurangnya konsentrasi dan lemas. Supaya kita tetap fokus dan semangat menjalani hari dan beribadah, pahala nya berlipat-lipat guys, uhuuy!

Tips puasa agar tetap sehat nya udah nih, eiiit jangan lupa ada juga beberapa hal yang harus di hindari selama puasa khususnya saat berbuka, mau tau?! Let's go, cekidoootz


1. Kopi
source: google
To be honest, aku adalah pecinta kopi. Setiap hari aku selalu membutuhkan kafein agar bisa tetap melek haha.. Buat kamu yang pecinta kopi seperti aku, baiknya selama puasa memilih waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya ya. Dilarang keras buka puasa dengan kopi ya! "Kenapa?!" karena kafein pada kopi dapat meningkatkan pelepasan asam di lambung yang masih kosong. Akibatnya pencernaan kamu akan terganggu. Kalau mau minum kopi, tunggulah 2 jam setelah puasa. Di waktu-waktu ini, kadar gula darah sudah kembali dan sistem pencernaan akan lebih aman untuk menerima kopi.

Dan yang perlu di ingat juga, jangan mengkonsumsi kopi pada saat sahur. Kopi memiliki sifat Dieuretikkarena kopi minuman yang mengandung kafein lainnya bisa merangsang tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui buang air kecil.

2. Gorengan

source: jitunews.com
Siapa sih yang nggak suka sama gorengan?  Udah tau kan gorengan itu jahat banget lemak dan kalorinya? Sumpah deh meskipun udah tau jahat, tapi gorengan itu hal paling enaaaak banget di dunia ini huhu... Lemak dan minyak berlebih yang terkandung di gorengan memberi efek buruk buat tubuh kita. Kalau kamu rutin makan gorengan saat buka puasa, jangan kaget kalau berat badanmu bertambah saat bulan puasa usai. Timbunan lemak jahat memang bisa menyebabkan kegemukan. Minyak dari gorengan juga akan mengendap lama di saluran pencernaan dan mengganggu sistem pencernaan. Jadi sebaiknya pilihlah makanan saat puasa yang lebih sehat, seperti sayuran dan buah. Noted to my self~

3. Makanan Pedas

source: IDN Times
Hallo cabelita disini mana suaranyaaaa? you're not alone! Rasanya seperti tersiksa ya kalo harus berhenti makan pedas selama bulan puasa. Tapi engga kok, kamu tidak harus berhenti makan pedas. Hanya saja jumlahnya harus di kurangi. Bukan apa-apa, takutnya nanti kamu diare. Kalo kamu diare nanti proses peresapan nutrisi terganggu atau parahnya kamu bisa dehidrasi. So, boleh makan pedas asal tidak berlebihan dan jangan terlalu sering ya!

4. Makanan yang Terlalu Asin

source: hello sehat
Makanan yang terlalu asin juga harus dihindari selama puasa. Efek jangka panjangnya jelas tidak baik, bisa memicu darah tinggi dan hipertensi. Jika mengonsumsi makanan saat puasa yang asin-asin pada waktu sahur, kamu akan merasa lebih haus dan bisa membuat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Ini karena garam bisa mengikat air dari tubuh lalu ditahan di sela-sela sel, jadi cairan tidak disebarkan ke seluruh tubuh dengan baik.

5. Makanan & Minuman yang Terlalu Manis

source: hello sehat
Berbuka puasa memang harus dengan makanan dan minuman manis, tapi jangan asal pilih. Makanan manis memang bisa membantu kadar gula darah naik setelah seharian berpuasa. Namun, jangan pilih yang terlalu manis, seperti kolak atau sirup. Lebih baik pilih makanan dengan kandungan gula yang sehat, seperti yang berasal dari buah Semangka, Kurma, atau Melon. Kurma jadi makanan saat puasa yang sangat baik dikonsumsi karena termasuk karbohidrat kompleks yang membantu proses metabolisme energi tubuh.
Selesai deh, segitu aja Dos & Don'ts selama berpuasa dari aku. Semoga membantu dan dapat menjadi referensi kamu ya. Thankyou!
Xx

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete